Asalamualaikummmm

Selamat datang dan salam manis untuk kamu - kamu yang mau mampir ke THIS IS MY POINT sebuah jendela karya seorang cewe yang semoga bermanfaat untuk kalian.....^-^

Rabu, 12 September 2012

PENGINDRAAN JAUH


A.     Pengertian Pengindraan Jauh (PJ)

Pengindraan Jauh adalah suatu sistem dimana suatu proses merekam gambar suatu fenomena atau obyek tanpa bersentuhan langsung dengan obyek. Pengindrran jauh memanfaatkan gelombang elektromagnetik dan sisitem satelit.

B.     Sumber Tenaga Pengindraan Jauh (PJ)

Penginderaan jauh sistem pasif menggunakan pancaran cahaya, hanya dapat beroperasi pada siang hari saat cuaca cerah. Penginderaan jauh sistem pasif yang menggunakan tenaga pancaran tenaga thermal, dapat beroperasi pada siang maupun malam hari. Citra mudah pengenalannya pada saat perbedaan suhu antara tiap objek cukup besar. Kelemahan penginderaan jauh sistem ini adalah resolusi spasialnya semakin kasar karena panjang gelombangnya semakin besar.Penginderaan jauh dengan menggunakan sumber tenaga buatan disebut penginderaan jauh sistem aktif. Penginderaan sistem aktif sengaja dibuat dan dipancarkan dari sensor yang kemudian dipantulkan kembali ke sensor tersebut untuk direkam. Pada umumnya sistem ini menggunakan gelombang mikro, tapi dapat juga menggunakan spektrum tampak, dengan sumber tenaga buatan berupa laser.

C.     Tenaga Elektromagnetik

Tenaga atau energi elektromagnetik adalah sebuah komponen utama dari kebanyakan sistem pengindraan jauh untuk lingkungan hidup, yaitu sebagai medium untuk pengiriman sensor. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur. Beberapa diantaranys yaitu : frekuensi , aplitudo, gelombang dan kecepatan. Aplitudo adalah tinggi gelombang , sedangkan panjang gelombang adlah jarak antar dua puncak. Frekuensi adlah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya gelombang. Karena kecepatan energi gelombang elektromagnetik adlah konstan, panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Semakin panjang suatu gelombang  semakin rendah frekuensinya dan semakin pendek suatu gelombang semakin tinggi frekuensinya.

D.  Spektrum untuk Pengindraan Jauh

Spektrum gelombang untuk pengindraan jauh diurutkan dari gelombang terkecil hingga terbesar yaitu :
·         Radio
·         Infra red
·         Visible
·         Ultra violet
·         X – Ray
·         Gamma – Ray

  E.    Interaksi Energi

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan matahari dipancarkan dan masuk ke dalam atmosfer bumi. Interaksi natara radiasi denagn paertikel atmosfer bisa berupa penyerapan , pemancaran, dan paemantulan. Sebagian besar radiasi denagn energi tinggi diserap olej atmosfer dan tidak pernah mencapai permukaan bumi. Bagian energi yang bisa menembus atmosfer adalah yang transmitted.
F.      Konsep Resolusi Dalam Citra
·         Resolusi Spasial adalah suatu konsep yang mampy merekam secara lebih rinci dan detai dari sebuah perekaman obyek atau fenomena. Dapat dilakukan melalui dua cara yaitu resolusi citra dan resolusi medan.
·         Resolusi Spektral adalah menunjukkan kerincian gamma dalam perekaman obyek.
·         Resolusi Radometrik adalah kepekaan sensor terhadap perbedaan terkecil kekuatan sinyal.
·         Resolusi Temporal adalah frekuensi perekaman ulang atas daerah yang sama.







Daftar Pustaka
______. 2009. “Resolusi Citra”. (http://agrica.wordpress.com/2009/01/14/resolusi-citra/).   Diakses tanggal 11 September 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar